8.12.13

TENTANG TAPE

. 8.12.13

Tape ketan adalah makanan tradisional yang menyehatkan dan banyak memberikan manfaat untuk tubuh, sebagai salah satu nutrisi yang baik untuk dikonsumsi,  khususnya tape ketan hitam. Dan sekarang ini tape ketan sudah menjadi salah satu makanan favorit, bukan lagi menjadi makanan tradisonal,. Sebutan tradisional adalah hanya tinggal sejarah, tetapi  umumnya orang yang menyadari dari sisi budaya konsumsi makanan sehat, yang alami dan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya pada makanan tersebut. Seperti sekarang maraknya berbagai makanan dan bahan makanan di pasaran banyak dicurangi dengan menambahkan pengawet, pewarna, dan lainya pada makanan dan sumber makanan supaya menarik, awet, dan murah.
Tape juga bisa kita sebut sebagai makanan probiotik, yang sangat bagus untuk keperluan tubuh manusia, untuk membantu pencernaan dan keperluan lain dalam metabolisme tubuh.

Dan jangan lagi mempercayai dengan hal hal klenik yang pernah di dengar berkaitan dengan cara cara pembuatan tape.  tidak boleh dilakukan oleh anak, tidak boleh dilakukan oleh wanita yang lagi haid, tidak boleh dilakukan oleh orang yang sedang punya masalah, dll. Semua informasi itu hanyalah klenik dan tidak benar. Padahal membuat tape itu sendiri sangatlah simple dan bisa dilakukan oleh siapa saja, dari anak anak sampai kakek atau nenek.

Tetapi memang membuat tape itu ada syaratnya, yaitu :
·     Harus ”  bersih “ maksudnya disini adalah : bersih orangnya, bahannya, dan alatnya yang akan di gunakan membuat tape, karena kita berurusan dengan mikroflora (kapang) yang akan memfermentasi beras ketan/singkong yang akan dijadikan tape. Tujuan bersih disini adalah adalah menghindari masuknya mikrofilara (bakteri lain) ke bahan yang akan dibuat tape, supaya hasilnya menjadi tape yang enak.
·    Ragi tape adalah sangat berperan besar dalam menghasilkan tape yang enak dan khas rasa tape. Termasuk menentukan juga tape itu jadi atau tidaknya. Biasanya kalau tape tidak jadi ciri cirinya :  rasanya sangat asam dan aroma alkohol menyengat, busuk atau masih lengket terksturnya seperti nasi ketan, beraroma tape tetapi fisiknya masih seperti nasi ketan, sehingga tidak layak dimakan. Pilih ragi tape yang baik, karena sebagaian besar kegagalan membuat tape adalah pada ragi (bukan hal hal klenik seperti diatas itu.

Pembuktian kalau hal hal klenik tersebut tidak benar, sudah sering kami lakukan dalam membuat tape, seperti contoh :
a.   Ragi tape kualitas baik & alat serta bahan bahan bersih :
-      Anak SD membuat tape,  hasilnya jadi tape yang baik dan enak.
-      Wanita sedang haid membuat tape, hasilnya jadi tape yang baik dan enak.
-     Laki laki, wanita, muda dan tua membuat tape, hasilnya jadi tape yang baik dan enak.
b.   Ragi tape expired (kapang yang terkandung dalam ragi sudah mati)
-      Anak SD membuat tape,  hasilnya tape akan gagal.
-     Wanita sedang haid membuat tape,hasilnya tape akan gagal.
-     Laki laki, wanita, muda dan tua membuat tape, hasilnya tape akan gagal.
(kasus seperti ini akan dijadikan alasan alasan klenik seperti diatas)

Sekarang apa tujuan orang menyebarkan berita klenik tersebut ke publik yang sudah menasional tersebut, sehingga banyak orang menganggap dan meyakini bahwa membuat tape itu hal yang sulit, ribet, dan ritualis. Padahal faktanya tidak sama sekali. Ada beberapa faktor alas an penyebaran klenik itu ke publik antara lain :
-    Karena dulu kurang pengetahuannya, sehingga hanya mengira ngira sendiri bahwa kegagalan kegagalan dalam membuat tape itu karena hal hal klenik itu sebagai penyebabnya.
-    Penguasaan market, dengan menyebarkan informasi informasi klenik tersebut supaya diyakini dan orang enggan belajar membuat tape. Sehingga minim pesaing dan tidak ada yang bisa membuat tape enak.

Tape bukan makanan orang dewasa atau kakek nenek. Tetapi bisa dikonsumsi dari anak anak sampai dewasa. 
Artikel Terkait :


1 comment:

 

Followers